October 15, 2016

[DIY] Grilled Salmon with Lemon Sauce and Mashed Potato



Senangnya bisa balik ke dapur setelah sekian lama vakum karena gak tahan sama bebauan yang padahal biasa aja. Hahaha.

Karena lagi harus banyak makan ikan, gue memutuskan bikin grilled salmon pake mashed potato. Bikinnya gampang gak pake lama. Meski begitu rasanya gak kalah enak sama yang di resto resto apalagi di bagian mashed potatonya.
 
Bahan Bahan:

Grilled Salmon:

  • Salmon
  • Lada hitam
  • Garam
  • Air lemon

Lemon Sauce:

  • Bawang bombay cincang
  • Bawang putih cincang
  • Plain milk atau krim
  • Air lemon
  • Parutan kulit lemon
  • Garam

Mashed Potato:

  • Kentang
  • Mentega
  • Keju
  • Plain milk atau krim
  • Garam
  • Oregano


Cara Membuat:

  1. Cuci bersih salmon, taburi dengan garam, lada hitam dan perasan lemon lalu diamkan beberapa saat. 
  2. Untuk membuat mashed potato, kupas kentang lalu potong 16 bagian dan masak dengan air dingin dan garam selama 10-15 menit hingga kentang lunak. Kalian bisa tusuk kentang pake garpu untuk melihat tingkat kematangannya.
  3. Setelah matang, angkat dan tiriskan. Kalo kalian gak punya potato masher, cukup gunakan garpu untuk melumatkan si kentang. Tambahkan mentega, garam, oregano, keju parut dan sedikit plain milk atau krim [di sini gue pake ultra plain]. Aduk sampai semua tercampur rata dan mashed potato siap untuk disajikan.
  4. Untuk saus lemon, cukup tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum, tambahkan parutan kulit lemon, plain milk, perasan lemon satu sendok makan, garam dan aduk hingga rata. Kalo suka agak creamy, boleh tambah keju sedikit atau larutan maizena. 
  5. Untuk grilled salmonnya, panaskan pan dengan mentega atau olive oil. Masak hingga tingkat kematangan yang diinginkan. Angkat dan sajikan.


Gampang kan?

Kalian bisa tambah sayuran kukus atau saute kayak brokoli, wortel, buncis dan jagung untuk side dish. Gue pake tomat ceri yang disaute pake olive oil dan lada hitam. Kenapa resep di atas gue gak pake takaran, karena emang pas masak gue gak pake takaran, dikira kira aja. Kentang yang gue pake cuma satu buah, ultra plain ukuran 250ml gue pake buat mashed potato dan lemon sauce, itupun masih sisa. Hehehe.


Happy trying! Happy cooking!


0 Comment:

Post a Comment