October 23, 2016

Seafood Congee; Ta Wan


Kalo kata pepatah: Karena dibalik istri yang kerepotan ngidam selalu ada suami siaga yang menyelamatkan.

Halah, pepatah macam apa itu. Ngarang aja.

Hehehe.

Jadi begitulah, asal muasal gue duduk di resto chinese ini. Gue pengen makan congee, jangan dibaca conge kayak kotoran kuping ya, ini bacanya konji. Entah gue pernah makan di mana di suatu waktu di masa lalu, tapi gue kebayang rasa bubur yang gurih sedap dan menghangatkan itu.

Maka atas saran rekan kerja gue, berangkatlah gue ke Ta Wan Mal Metropolitan setelah cancel order di Ta Wan Mega Bekasi karena ternyata mereka kehabisan bubur, pelayannya sih keliatan bete gitu pas kami pergi, tapi kami bisa apa? Lah wong gue pengen makan bubur kok. Ngotot.

Udah jam 8.30 malem waktu sampai di Mal Metropolitan tapi masih ada satu dua pengunjung di sana. Resto ini kayaknya baru renovasi deh, interior sebelumnya didominasi merah dan bata gitu, sekarang warna abu abu batu, lebih homey sih.

Gak pake liat menu, gue langsung menyebutkan pesanan yang udah hafal di luar kepala. Ya iyalah orang tadi udah pesen di mal sebelah.

Apa yang terkenal di sini adalah bubur yang variannya sampe beberapa belas gitu, ada ukuran reguler dan large yang cuma selisih seribu rupiah aja. Mengusung nama resto yang dalam bahasa indonesia berarti mangkok besar, bubur di sini walaupun reguler bisa dimakan untuk 2-3 orang.

Bubur Seafood (R) IDR 24.500

Walau beda seribu dengan ukuran large, gue menahan diri gak pesen yang large. Entah kenapa. Mungkin takut gak habis. Kami dikasih mangkok dan sendok yang lebih kecil untuk makan bubur ini, ada 2 macam sambal, saus, lada, dan kecap asin.

Untuk bubur seafood toppingnya daging kepiting, ikan kakap putih, udang, daun bawang dan kerupuk pangsit. Kalo gitu beda nama beda topping dong ya.

Dan suapan pertama bikin tenggorokan hangat, gue sengaja gak nambahin bumbu apa apa lagi karena gak mau kehilangan rasa asli dari si bubur. Cuma pas makan congee doang gue berani jadi tim makan bubur diaduk. Hah. Happy.

Ikan Dori Saus XO IDR 48.500

Ini side dish kami, tadinya gue keukeh gak mau pesen apa apa lagi selain bubur karena takut kekenyangan dan gak bisa menghabiskan menu lain, tapi suami keukeh pesen dori buat si adek. Yo wis. Manut.

Sausnya menggoda, dan pas gue makan rasanya kayak familiar di lidah. Begitu gue inget inget ternyata sausnya mirip kuah rujak kangkung bikinan mih. Persis! Manisnya, pedesnya, terasinya. Walau faktanya bumbu yang dipake beda jauh sama bumbu rujak kangkung, apalagi irisan rawit di atasnya itu, bikin lidah gak bisa berhenti ngunyah! Double happy.

Sweet Tea IDR 9.000
Gue gak pesen minuman yang aneh aneh karena sekali lagi, takut kekenyangan. Ada chinese tea juga tapi hargnya IDR 18.000 tanpa keterangan satu cup atau satu pot. Ini kalo di resto sebelah per cupnya cuma IDR 8.900.

Piring dori bersih, gelas teh bersih, sisa satu centong bubur di mangkuk reguler. Sayang. Tapi perut kami sudah menyerah. Kenyang.

0 Comment:

Post a Comment