October 28, 2016

Tentang Sebuah Nama

Ini adalah pandangan seorang calon ibu terhadap sebuah nama yang akan disematkan ke anak anaknya kelak. Tidak ada benar atau salah dalam suatu pendapat, masing masing kepala berhak menentukan pilihan dan itu mutlak.

Dulu, waktu masih kecil gue selalu punya cadangan nama untuk calon anak anak gue––walau waktu itu sebenernya juga gue masih anak anak. Dan seperti kebanyakan anak anak yang cita citanya masih suka berubah, cadangan nama itupun berubah ubah seiring bertambahnya gue dewasa.

Karena waktu itu jadi dewasa––dalam artian menikah dan punya anak––kayaknya masih lama banget. Gue melarikan semua nama cadangan itu ke dalam cerpen cerpen gue. Rasanya ada kepuasan batin karena berhasil menggunakan nama itu walau hanya bentuk fiksi.

Gak banyak pertimbangan waktu gue bikin nama nama untuk tokoh fiksi, yang penting ear catching––kalo bisa sih jarang dipake––dan lucunya gue punya kebiasaan bikin nama yang panjang tapi punya nickname dari sana, misalnya Marcella Dheryna Zahrani, gue gak mau panggil cewek ini Marcella atau Cella atau dua nama lainnya. Gue akan panggil dia Dhea.

Memasuki umur umur produktif gue cenderung suka nama yang pendek kayak Sienna Gunawan­––ceritanya Gunawan ini nama bapaknya. Terus yang tadinya suka nama dengan huruf double kayak Sienna jadi gue hindari––bikin yang masing masing satu huruf aja kayak Janesha.

Makin ke sini––dengan kondisi makin matang dan akan menikah [waktu itu]––gue pilih nama yang lidah manapun bisa baca dengan benar hanya dengan sekali baca, kayak Abhista Kayana Ima. Jujur aja gue sebel kalo harus mengeja sebuah nama dan wondering ini gimana bacanya––kayak nama bayi bayi selebriti jaman sekarang itu.

Gue gak mau menyusahkan anak gue untuk berulang kali menjelaskan kepada dunia bagaimana cara membaca namanya dengan benar. Kasian. Iya sih, pasti ada doa baik di setiap nama yang diberikan orang tua untuk anaknya, gak perduli sesulit apa nama itu diucapkan oleh orang orang di sekelilingnya. Tapi gue memilih memberi nama yang mudah diucap, pasti benar saat ditulis dan punya doa baik di dalamnya dengan sedikit syarat bukan nama yang pasaran.


 

0 Comment:

Post a Comment