November 25, 2015

Anak Bawang Naik Pangkat



Gue bukan orang yang bisa mengukur kemampuan diri. Semua hal yang orang orang bilang gue jago dan ahli itu murni karena penilaian mereka sendiri.
Itu juga yang jadi alasan besar kenapa gue agak kelimpungan waktu pertama kali cari kerja kelar sarjana. Banyak subjek yang gue pelajari tapi gue gak bisa pilih satu karena gue gak tau gue bisa yang mana tapi gue juga yakin gue bisa melakukan semuanya.

Adegan gue ngajar bahasa inggris? Karena guru SMK gue. Adegan gue kerja di tempat lama? Karena gue mengiyakan tawaran pertama. Posisi waktu ngelamar? Ngasal abeees.

Pindah ke tempat baru gue mengiyakan juga job desk yang belum pernah gue pegang. Jadi kesimpulannya, semua yang gue lakukan, semua yang terjadi semata mata karena gue gak mau melewatkan kesempatan, simply karena gue lebih mudah bilang OKE I'LL DO IT.  Gak peduli kalo kemudian gue harus berusaha sekuat kuatnya gak peduli kalo gue akan menderita. Nanti kalo pada saatnya gue harus berhenti, gue pasti akan berhenti.

Gue gak punya passion. Gak. Apalagi minat. Gak. Gue hidup untuk hari ini. Tanpa ada sesuatu yang ingin gue lakukan atau yang harus gue lakukan di kemudian hari. Gak menarik! Ya.  Hidup kok gak punya passion. Ya.

Itu kenapa kadang gue suka bosen, suka melakukan hal di luar kebiasaan, suka keluar dari zona nyaman karena merasa gak pernah melakukan sesuatu yang mengerikan.

Gue inget pertama kali gue dateng ke tempat baru. Mejanya penuh debu, banyak kertas berserakan dan gue harus batuk batuk seharian itu. Tapi gue punya pemandangan indah di luar jendela. Bangunan tinggi. Deretan rumah rumah yang padat juga laut. Ya laut dan kapal kapal yang sedang berlayar.

Atasan gue dua. Beda bidang. Kerjaan gue merangkap. Stres? Gak. Kerjaan itu dikerjain bukan dipikirin.

Atasan gue semua cowo, yang satu setipe sama gue karena ternyata tanggal lahir kami juga sama. Atasan yang satu lagi gue jarang interaksi kecuali minta tanda tangan. Ada satu senior dari atasan nomor dua yang paling terkenal nyebelin. Kenapa nyebelin? Dia cowok yang gak pernah mau kalah debat, pun urusan ngata ngatain. No. I mean dia baik, tapi kalo udah ngoceh itu cewek pms yang gak makan seharian juga kalah.

Gue mau jawab gimana juga tetep aja dia punya bahan buat godain. Gue bakal  menang kalo nimpalin semua ocehannya dengan senyum dan melenggang pergi dari mejanya kayak gak denger apa apa.

Dia bukan cowok cool kayak cowok divisi sebelah yang digandrungi banyak cewek. Dia cerewet. Meski begitu gue gak pernah ambil hati soal becandaan dia yang kadang keterlaluan, ya lewat aja gitu. Cuma kalo mood gue lagi gak bagus gue kadang nolak buat perang.

Suatu hari dia pernah bilang “Bikin ginian lu udah bisa kan? Lu harus jago, nanti kalo gak ada gue lu udah bisa sendiri” gue cuma senyum ngeloyor pergi karena mikir itu pasti becandaan dia. Sampai suatu pagi, meja sebelah gue bilang “Si A mau resign, udah tau?”
Dheg!

Gue gak basa basi apapun ke dia setelah denger itu, dia juga gak bilang apa apa sampai siang itu, dimana mood gue lagi kalut banget dia telepon gue. Meja kita emang gak terlalu jauh tapi kurang deket untuk ngobrol langsung.

“Ya?”
“...” biasanya dia langsung ngoceh panjang lebar dengan nada agak keras, waktu itu dia bahkan perlu narik napas dulu sebelum mulai bicara.
“Ning, gue kan mau resign”
“Hmm”
“Nanti lu yang gantiin gue, posisi lu digantiin orang baru”
Dheg!

“Kenapa gak cari orang baru buat gantiin bapak aja?”
“Karena lu smart, nanti lu kan bisa ngawasin orang baru”

Gue belum genap setahun di sini. Setiap kerjaan gue masih harus diawasi dia dan gue diminta ngawasin orang baru?

“Hahahahah emang udah yakin? Gak bisa yang lain aja?”
“Gak ada, udah lu aja. Lu ketawa kayaknya seneng banget gue resign”
“Itu kedengerannya aja ketawa”
“Ah jangan bikin gue nangis dong”
“Udah ah gue mau input bank dulu”

• • •


Gue langsung bengong beberapa menit setelah percakapan itu berakhir. Dada rasanya sesak, entah karena akan kehilangan entah karena bagianlu gantiin gueitu.

Beberapa hari setelahnya, senior gue yang lain ngomong sama gue kalo gue beneran bakal gantiin posisi si bapak ini, ternyata senior gue inilah yang promote gue. Ke atasan gue yang nomor dua dan ke beberapa direksi karena alasan gue capable.

Yha. Baiklah.

Toh gue belum pernah bilang gak, toh gue belum pernah sengaja melewatkan kesempatan. Padahal gue kerja buat ngisi umur umur produktif, padahal gue kerja buat makan enak tiap bulan. Tapi dikasih bonus kepercayaan untuk naik level?

Alhamdulillah




...walau gue harus meninggalkan pemandangan indah di luar jendela.

0 Comment:

Post a Comment