May 8, 2016

[DIY] Tom Yum Seafood

Senang rasanya bisa kembali ngisi blog dengan post yang bermanfaat /pasang apron/.

Kali ini gue mau bagi resep tom yum a la gue yang rasanya lumayan mirip sama tom yum yang pernah gue makan.

Bahan Bahan:

250gr Udang
250gr Cumi cumi
100gr Jamur merang
2 buah Cabe merah besar (opt)
7 buah Cabe rawit (opt)
5 siung bawang putih
3 siung bawang merah (opt)
3 batang serai
2 ruas lengkuas

5 sendok makan kecap ikan
3 lembar daun jeruk
5 sendok makan air jeruk nipis
Cabe bubuk secukupnya
Garam, gula, merica, penyedap secukupnya
Air
Minyak goreng




Cara Membuat:
  1. Bersihkan udang dari kulit dan kepala, bersihkan cumi cumi dari kulit ari dan potong potong sesuai selera. Rendam seafood dalam perasan jeruk nipis.
  2. Siapkan air untuk membuat kuah kaldu, masukkan kulit dan kepala udang, serai, daun jeruk—gue tambahin geprekan jahe sama potongan daun bawang—masak dengan api kecil selama 15-20 menit. Saring hingga kuah kaldunya bening, panaskan kembali.
  3. Jujur gue agak bingung untuk bumbunya, so di sini gue combine 2 resep yang gue baca. Panaskan minyak, goreng bawang putih, bawang merah, lengkuas, cabe merah besar dan rawit. Masak hingga harum, haluskan bumbu tersebut dan masukkan ke kuah kaldu.
  4. Potong jamur merang sesuai selera, masukkan ke kuah kaldu dilanjutkan dengan cumi dan udang.
  5. Masukkan cabai rawit utuh, kecap ikan, cabe bubuk, serai, daun jeruk, garam, merica, gula dan penyedap sesuai selera. Tambahkan perasan jeruk nipis hingga tingkat keasaman yang diinginkan.
  6. Masak hingga mendidih, angkat dan sajikan.
 
 
Selamat mencoba!!
 
 
 
Postscript:
 
Jangan masak cumi terlalu lama agar teksturnya tidak keras. Kalo gak suka seafood bisa diganti isian suki kok, cuma tingkat keasamannya dikurangi aja. Sebenernya bakal jauh lebih enak pake daun ketumbar, berhubung gue gak sempet beli ya pake daun jeruk aja buat hiasan /ngekek/
 
 
 
 
 

0 Comment:

Post a Comment