June 2, 2015

[DIY] Hiyashi Somen


Entah apa banget Aa gue, tiba tiba dateng bawa bahan utama minta dimasakin yang enak. Mending kalo bahan yang dibawa biasa gue masak ini selalu aja bahan bahan asing. Pernah dulu dia bawa udon, siang itu dia bawa somen—apa pula ini?

Masih dari jepang, ini mi yang bentuknya paling kecil dan tipis. Dia minta dimasak pake saus pasta, tapi gue menolak keras keras. Gue bilang 'Kalo udah masuk dapur aku, bahan dari jepang harus dimasak makanan jepang!' Dia manut.

Gue masak yang paling cepet. Somen kuah jamur. Nanti kalo gue masak lagi gue share deh resepnya. 

Kelar masak gue tinggal buat bebenah alat masak kotor itu somen tandas tanpa sisa :I 
Yah setidaknya gue berhasil masak bahan itu dengan benar.

Besok siangnya gue coba bikin mi dingin—ini termasuk jenis makanan yang gue pengen coba dari dulu—nama jepangnya hiyashi somen. Bikinnya gampang gak sampe sejam.


Bahan Bahan :
  • Somen
  • Shoyu [Soy Sauce]
  • Gula Pasir
  • Jeruk nipis
  • Daun Bawang
  • Es Batu/Air Dingin
Cara Membuat :
  1. Rebus somen dalam air  mendidih kurang lebih 3 menit atau ya sampai di tingkat kematangan yang kalian suka. Angkat dan tiriskan, siram dengan air dingin atau biarkan mi dalam kubangan es batu.
  2. Siapkan mangkok kecil untuk saus celup, beri 2-3 sendok makan shoyu, sedikit gula pasir dan perasan jeruk nipis, taburi potongan daun bawang.
  3. Voila! Hiyashi somen sudah siap dinikmati.

0 Comment:

Post a Comment